Masuk

Ingat Saya

Organisasi Terbaik

Organisasi Terbaik

Ikatan Pelajar Muhammadiyah, OKP Terbaik se Asia Tenggara

Senin, 08 Desember 2014 04:21 | Oleh : Tri Santoso | | |

Apa itu IPM?

Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau yang lazin disebut dengan singkatan IPM. Adalah salah satu organisasi otonom/ortom (organisasi yang diberikan kewenangan mengatur AD/ARTnya sendiri dalam persyarikatan Muhammadiyah) dalang persyarikatan Muhammadiyah. Selain itu IPM juga termasuk organisasi kepemudaan (versi di Kemenpora). IPM lahir tanggal 18 Juli 1961. Tujuan terbentuknya dari IPM ialah:

Terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlaq mulia dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya (Anggaran Dasar IPM  BAB III Pasal 6)

Untuk keanggotaannya bahwa di IPM anggotanya atau pengurusnya adalah pelajar SMP/MTs, SMA/MA/SMK maupun umum yang dibatasi isianya tak boleh lebih dari 24 tahun. IPM saat ini adalah organisasi kepemudaan (OKP) terbaik se Indonesia karena 3 tahun berturut-turut menyabet penghargaan OKP terbaik dari Kemenpora, selain itu juga OKP terbaik se Asia Tenggara karena dua tahun berturut-turut mendapat penghargaan Asean Tayo Award.

Masa Jabatannya

Di organisasi manapun pasti ada masa jabatannya, kalau di IPM sendiri sebagai berikut. Pimpinan Ranting 1 tahun, pimpinan daerah 2 tahun, pimpinan wilayah 2 tahun, dan pimpinan pusat 2 tahun. Pemilihan pimpinan dalam IPM terjadi di forum musyawarah ataupun muktamar, pemilihan menggunakan sistem formatur dari formatur tadi berembug untuk menentuka perangkat organisasi di IPM.

IPM adalah organisasi yang Terstruktur, Sistematis dan Masif

Tentu kita tahu bahwa Ikatan Pelajar  Muhammadiyah (IPM) adalah organisasi yang terbaik, baik secara structural yang terdiri atas Pimpinan Ranting yang perwakilannya ada di setiap sekolah muhammadiyah dan atau tingkat desa. Pimpinan Cabang yang perwakilannya berada di kecamatan. Pimpinan Daerah yang perwakilannya berada di tingkat kab/kota. Pimpinan Wilayah di tingkat Propinsi. Dan pimpinan pusat di tingkat Negara atau yang paling tertinggi. Maupun secara perkaderannya karena dalam perkaderan di IPM juga dimulai dari ranting/cabang dengan taruna melati I, di tingkat kab/kota taruna melati II, di tingkat propinsi taruna melati III, sampai di tingkat pusat “Taruna Melati Utama”.

PLAN, DO and SEE

Kalau kita seorang guru pasti kita tahu konsep plan, do and see dalam proses pembelajaran. Nah ternyata konsep itu tak hanya berlaku dalam dunia pendidikan saja, IPM juga ada konsep seperti itu. Dimana? Plan adalah suatu kegiatan perencanaan, kalau di IPM dengan adanya rapat kerja diberbagai tingkat dari ranting hingga pusat di kegiatan inilah perumusan program kerja dalam satu perode (dua tahun) ataupun setengah periode (satu tahun) dalam hal ini PLAN. Kemudian do, do adalah suatu pelaksanaan kegiatan atau program kerja atas hasil yang direncanakan (plan) ketika rapat kerja (raker). Disinilah IPM banyak berbagai kegiatan dari mengadakan ajnag kompetisi sampai ke ajang pengabdian masyarakat karena sebagai aktivisi Muhammadiyah selalu dituntut untuk membantu dan menjadi tonggak bagi ummat, bangsa dan Negara. SEE adalah proses evaluasi dalam hal ini di IPM adanya musyawarah. Kita contohkan di Pimpinan Pusat, See di tempatkan ketika muktamar hal ini adalah penyampaian laporan program kerja yang telah dijalankan dan penyampaian masukan-masukan dari tingkat kab dan propinsi. Kemudian siklusnya kembali ke Plan-Do-See. Siklus ini terjadi secara terus menerus.

Dengan